10 Fungsi Musik Yang Harus Anda Ketahui

10 Fungsi Musik

10 Fungsi Musik Yang Harus Anda Ketahui

1. Sebagai sarana hiburan

Musik adalah cabang seni yang berfungsi untuk menghibur penonton. Selama acara atau acara, musik adalah salah satu cara untuk menghidupkan acara tersebut. Dengan musik yang disajikan, orang dapat menikmati program yang paling santai dan santai. Bahkan jika seseorang tidak mengerti teks atau kata-kata musik, mereka akan senang mendengarkan melodi dan irama musik.

2. Sebagai simbol budaya

Dalam kehidupan orang-orang seperti orang Indonesia, yang memiliki berbagai elemen budaya, musik berkontribusi signifikan terhadap realisasi nilai-nilai budaya tradisional. Orang sering menggunakan musik sebagai pengiring selama upacara tradisional.

3. Menanggapi fenomena yang terjadi dalam kehidupan sosial

Beberapa musisi biasanya memainkan musik mereka untuk tujuan tertentu. Salah satunya adalah memprotes atau mengkritik sistem pemerintahan negara tempat mereka tinggal. Para musisi menciptakan puisi yang dapat menyentuh jiwa pendengar mereka, sehingga para penonton pada awalnya kurang peka terhadap sistem pemerintahan negara mereka atau terhadap fenomena yang terjadi di masyarakat dapat bereaksi terhadap peristiwa-peristiwa ini.

4. Sebagai salah satu alat pendidikan

Salah satu fungsi musik adalah untuk mengajarkan norma atau aturan yang berlaku dalam masyarakat, bahkan jika mereka tidak terdaftar dalam bentuk aturan atau aturan tertulis. Misalnya, lagu anak-anak mengandung unsur-unsur pembelajaran yang memungkinkan anak-anak dididik dengan orang tua, untuk saling mencintai, untuk mematuhi guru, pergi ke sekolah dan belajar secara berbeda. .

5. Sebagai sarana melestarikan budaya suatu daerah

Fungsi musik tentu juga merupakan cara untuk melestarikan budaya. Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman budaya, masing-masing daerah memiliki budaya yang berbeda. Salah satunya adalah musik, di mana hampir seluruh wilayah Indonesia memiliki lagu-lagu yang digunakan sebagai fitur daerah.

6. Sebagai salah satu alat pemersatu bangsa

Setiap negara memiliki lagu kebangsaannya sendiri, di mana lagu kebangsaan dapat mewakili semangat nasionalisme, cita rasa estetika dan budaya masing-masing negara. Indonesia adalah contohnya. Indonesia memiliki lagu kebangsaan Indonesia yang dibuat oleh Wage Rudolf Supratman dan memiliki banyak lagu nasional seperti Anda di negara ini, bendera saya, sebuah negara, dan sebagainya. Isi dari lagu-lagu tersebut pada dasarnya dimaksudkan untuk membakar semangat nasionalisme bagi warga.

7. Sebagai sarana meditasi

Meditasi adalah cara untuk membersihkan sistem energi dan gigi negatif tubuh seseorang. Dan musik adalah salah satu alat yang sangat berguna dalam proses meditasi. Musik yang dimainkan selama meditasi dapat membantu seseorang menjadi lebih sadar akan suasana hati dan perasaannya.

8. Untuk memperkuat gairah seseorang

Beberapa orang terbiasa melakukan kegiatan yang berhubungan dengan musik seperti mengemudi, bekerja, membaca, berolahraga atau kegiatan lainnya. Bagi mereka, musik adalah cara untuk membuat kegiatan mereka lebih menyenangkan. Mereka memiliki suasana hati yang baik dan terhindar dari stres karena aktivitas.

9. Sebagai sumber penghasilan

Bagi sebagian orang, musik bukan hanya bentuk kesenangan, tetapi juga menggunakan musik sebagai salah satu bidang penghasilan mereka. Ini berlaku untuk penulis lirik, alat musik, penyanyi, musisi, DJ, dll.

10. Untuk merangsang janin di dalam rahim

Menurut Profesor Utami Munandar, seorang profesor di Fakultas Psikologi di Universitas Indonesia, pada seminar berjudul "Pengaruh mendengarkan musik klasik pada janin dan kehamilan", ia mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik adalah bagian dari stimulasi yang biasanya diberikan ibu hamil kepada janin di dalam rahim. Musik akan merangsang perkembangan sel-sel otak pada janin. Oleh karena itu diasumsikan bahwa stimulasi ini sangat penting karena periode pertumbuhan otak tercepat terjadi sejak awal kehamilan hingga usia tiga tahun.

Salah satu jenis musik yang banyak digunakan untuk merangsang janin dalam rahim adalah musik klasik, terutama karya-karya Mozart, karena jenis musik ini telah terbukti efektif dalam merangsang perkembangan otak belahan kanan di dalam rahim. janin. Dan jika musik Mozart dimainkan sejak usia dini, semangat cinta akan tumbuh pada anak ini. Selain itu, ketika Anda mendengarkan musik diam, detak jantung janin akan lebih tenang, bahkan jika genre musik masih terdengar setelah lahir dapat memberikan pengaruh yang baik kepada bayi.

Selengkapnya di Sudut Sekolah.

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Singkat Psycho Pass

Kuliner Kaki Lima Di Green Pramuka City

Zayn Malik Bantah Dirinya Seorang Muslim